Monday 18 May 2015

Cara Memasang Thermal Paste

Thermal Paste-Hai readers.sekarang saya akan membahas tentang pamakaian thermal paste pada CPU.Banyak orang yang mengabaikan penggunaan thermal paste,padahal sebenarnya pasta ini penting.Untuk penjelasan lebih lanjut,yuk kita bahas langsung.
                                         Image result for thermal paste


Thermal paste berguna sebagai pengisi celah diantara CPU dan heat sink,dan juga menjadi penghantar dan pengontrol panas,dan juga mencegah CPU menjadi lengket ke heatsink.
Thermal paste yang murah biasanya terbuat dari bahan silikon dan keramik,tetapi apabila kalian beli yang mahal,biasanya terdiri dari bahan keramik,bahkan silver dan emas,karena silver dan emas ini merupakan penghantar panas yang terbaik.
Tetapi berhati-hatilah saat membeli pasta ini,karena pasta ini ada 2 jenis berdasarkan bahanya.Yaitu metal base dan ceramic base.
Ceramic base aman jika digunakan karena tidak menghantarkan listrik.
Tetapi metal base sangat berbahaya bagi PC kalian,karena bisa menghantarkan listrik dan PC kalian bisa berakhir dengan KO,jadi tanya dulu sama penjualnya,biasanya yang metal base warna abu-abu,yang ceramic base warna putih.
Walaupun begitu,apabila CPU tidak dipakaikan pasta ini sebenarnya berbahaya.Apabila kalian memasang heatsink terlalu kencang,CPU bisa bergetar dan berakhir KO juga,hehe.
Langsung aja yuk ke cara pemasanganya.

1.Cara yang benar :
-Bersihkan CPU dan alas Heatsink yang saling bersentuhkan,lebih baik dengan alkohol,jangan sampai ada debu menempel.
-Oleskan sedikit Thermal paste,kira-kira sebesar biji jagung.
-Pasangkan heatsink seperti biasa,tetapi ingat,jangan dibuka untuk mengeceknya,apabila kalian melakukanya,kalian harus membersihkan pasta yang sudah ditempel,dan menggantinya dengan yang baru.
*TIPS :
1.Jangan sentuh permukaan CPU dan heatsink yang saling bersentuhan,karena tangan memiliki minyak yang bisa merusak permukaan CPU dan heatsink.
2.Untuk penempatan yang lebih rata,kalian bisa meng-oleskanya dengan pola "X" atau berbentuk lurus seperti "I".

2.Cara yang salah
-.Mengoleskan thermal paste terlalu banyak,sampai seluruh permukaan CPU.
-.Mengoleskan pasta di permukaan heatsink bukan di CPU.
-.Ini yang paling parah,yaitu pin CPU juga ikut diolesi,alhasil pin bisa hancur.

Saya sarankan untuk CPU PC gaming,arctic cooling merupakan Thermal paste yang terbaik.
Sekian pembahasan saya tentang pemasangan Thermal Paste,terimakasih

No comments:

Post a Comment