Sunday 17 May 2015

PENGERTIAN,PERBEDAAN DAN FUNGSI ANTARA HEATSINK DAN HEAT PIPE

Heatsink dan Heatpipe-Hai readers,sekarang saya akan membahas tentang Heatpipe dan Heatsink.
Mungkin beberapa dari kalian menganggap bahwa heatsink dan heatpipe itu sama,tetapi sebenarnya berbeda jauh,untuk lebih jelasnya,yuk kita bahas satu persatu.

1.Heat Sink
                                                    Image result for heat sink
-Pengertian
Heatsink adalah sebuah logam yang didesain sedemikian rupa yang digunakan untuk mentransfer panas dari sumber panas ke pendingin.Sebenarnya heatsink tidak hanya digunakan di CPU saja.Heatsink bisa digunakan di banyak alat elektronik lainya,seperti lemari es,sound system,dll.Tetapi disini,saya hanya akan membahas yang berada di CPU saja.
-Fungsi
Fungsinya sudah jelas,untuk memindahkan panas CPU,dan panas tersebut akan didinginkan diatas oleh heatsink fan.Karena semakin lama,CPU biasanya akan semakin panas,sekarang sudah banyak berbagai macam heatsink yang bisa memindahkan panas jauh lebih cepat.

2.Heat Pipe
                                    Image result for heat pipe
-Pengertian
Heat pipe adalah sebuah logam (biasanya tembaga) yang berbentuk pipa,biasanya pada PC digunakan untuk pemindahan panas pada GPU.Pada laptop untuk CPU,karena heatsink tidak memungkinkan ditaruh di laptop karena tempat yang sangat terbatas.
-Fungsi
Fungsi dari heat pipe sebenarnya sama saja dengan heat sink,akan tetapi,karena mayoritas heat sink dibuat dengan tembaga,panas akan lebih cepat merambat dari heat sink yang terbuat dari aluminium

3.Bahan
Bahan yang dugunakan dari kedua alat penghantar panas ini berbeda.Ada aluminium dan tembaga.
Kedua bahan itu memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri.
Aluminium dengan cepat bisa melepaskan panas,tetapi lambat apabila menghantarkan panas
Temabaga sangat cepat untuk menghantarkan panas,tetapi lambat melepaskan panas
Oleh karena itu,sekarang banyak heat sink dan heat pipe yang menggabungkan kedua bahan itu dengan sedemikian rupa untuk penghantara dan pelepasan panas yang lebih cepat dan efisien

Kesimpulanya adalah heatsink dan heatpipe memiliki perbedaan,yaitu dari segi bahan,bentuk,penggunaan,dll,walaupun fungsinya sama,yaitu menghantarkan panas.

No comments:

Post a Comment