Tuesday 19 May 2015

Pengertian AMD Cool 'n' Quiet dan Intel SpeedStep Pada CPU

AMD Cool 'n' Quiet dan Intel SpeedStep-Hai reader,sekarang saya akan membahas tentang fitur pada CPU yang bertugas menghemat daya dan performa berdasarkan penggunaan.Fitur ini pada AMD adalah Cool 'n' Quiet,dan pada Intel SpeedStep.
                                               
                                                           Image result for amd cool and quiet

Fungsi dari kedua fitur ini sebenarnya simple,yaitu mengatur performa dari CPU berdasarkan penggunaanya yang diatur oleh CPU itu sendiri sehingga dapat menghemat banyak daya.
Biasanya kedua fitur ini sudah ada dari CPU itu baru dibeli atau otomatis,tetapi kalian bisa mematikkanya.Seperti fitur lainya,fitur ini-pun memiliki kelemahan dan kelebihan,yuk kita bahas kelebihan dan kelemahanya.

1.Kelebihan :
-Dapat Menghemat daya yang terbilang besar
Menghemat daya merupakan tujuan utama dari fitur ini.CPU-CPU masa kini biasanya memerlukan daya yang besar untuk performa terbaiknya,tetapi bayangkan apabila kalian sedang tidak memerlukan performa terbaik CPU kalian,seperti untuk membuat file word,excel,dll,pasti akan banyak daya yang terbuang karena pemakaian yang tidak seimbang.
-CPU tidak terlalu panas
Karena dapat mengontrol performa CPU,tentu panas yang dikeluarkan CPU akan menjadi lebih sedikit,sehingga,tidak perlu memakai cooling yang terlalu bagus

2.Kelemahan
-Pada beberapa tugas,CPU tidak bisa mencapai performa terbaiknya
Tugas yang dimaksud adalah tugas-tugas berat seperti video editing,hard gaming,dsb.Dalam beberapa kasus,fitur ini malah menghambat performa CPU itu sendiri

Fitur ini bisa dimatikan dan dinyalakan,sehingga kalian bisa mengaturnya sesuai pdengan penggunaan CPU kalian,

No comments:

Post a Comment