Sunday 3 May 2015

Pengertian dan Recommended Power Supply

Power Supply-Hai reader,sekarang saya akan membahas tentang Power Supply/PSU.Banyak merk-merk PSU yang beredar dipasaran saat ini,tetapi tidak sedikit juga yang "abal-abal".
PSU bertugas mengubah aliran listrik AC (Alternating Current/Arus Bolak-Balik) ke aliran listrik DC (Direct Current/Arus Searah) dan Mensuplai/memberi daya ke semua komponen komputer.
                                         Image result for power supply 



PSU ada 3 jenis,yaitu Modular,Semi Modular dan Non Modular,tetapi saya tidak akan menjelaskan tentang ketiga jenis itu,karena saya sudah membuat artikel khusus tentang masalah itu,berjudul POWER SUPPLY : MODULAR,SEMI MODULAR DAN NON MODULAR.
Kebanyakan PSU PC jaman sekarang adalah ATX PSU.ATX PSU tersambung langsung ke sumber daya dan selalu menyediakan 5v standby,jadi PC standby function dan beberapa peralatan akan mendapat daya.ATX PSU menerima sinyal on dan off dari motherboard,ATX PSU juga mengirim sinyal arus DC,jadi PC aman saat proses boot.
Untuk menjaga PSU agar umurnya panjang,saya menyarankan untuk menggunakan Stavolt atau UPS,karena arus listrik di Indonesia tidak stabil,jadi apabila arus listrik sudah melalui Stavolt/UPS,maka arus listrik yang diterima PSU pun stabil,dan umur PSU akan bertambah lama.
Beberapa PSU juga mendapatkan label 80+,apakah arti 80+ itu ?,80+ merupakan certification untuk mendukun program efficient energy use di PSU PC.Tingkatanya 80+ pun berbeda-beda,ada Bronze,Silver,Gold,Platinum,Titanium.Semakin tinggi tingkatanya,semakin besar pula efisiensinya

Recommended Power Supply
Untuk recommended Power Supply,saya memiliki 3 kondisi pc berbeda berdasarkan penggunaanya,yang pertama yaitu PC Office,kedua PC Multimedia,ketiga PC Gaming.
1.PC Office
Untuk PC Office tidak terlalu tinggi juga tidak apa-apa,yang penting masih "ngangkat" PSU nya,400-500W PSU saja sudah cukup.Saya merekomendasikan PSU non modular merk Thermaltake 450/500W Litepower.
2.PC Multimedia
Mengingat PC Multimedia menggunakan Processor yang cukup powerfull (untuk video editing,dll) saya merekomendasikan PSU Semi Modular merk Corsair,besarnya Watt ditentukan oleh jenis CPU,GPU dan komponen lainya.
3.PC Gaming
Karena PC Gaming mempunyai banyak aksesoris dan tambahan lainya,dan juga komponen yang "haus" daya,saya sangat merekomendasikan PSU Semi/Fully Modular 80+Gold Certified dari merk terkenal dan bukan "abal-abal",contohnya merk Corsair,Seasonic,Enermax,Cooler Master,Thermaltake dll,yang mempunyai 650W keatas.

No comments:

Post a Comment