Wednesday 13 May 2015

Kegunaan Stavolt Bagi PC

Stavolt-Hai readers,sekarang saya akan membahas tentang Stavolt atau Stabilizer Voltage.Dari anamanya saja kita sudah tahu kegunaanya.Stavolt ini berguna untuk menstabilkan daya yang masuk ke komputer.
                                               Image result for stavolt



Tegangan listrik di Indonesia sebesar 220V,tetapi tidak setiap waktu memiliki tegangan sebesar itu,terkadang naik ke 230V bahkan sampai turun ke 110V,atau listrik di Indonesia tidak stabil,apabila seperti ini,power supply PC bisa cepat rusak.Tugas Stavolt adalah menstabilkan daya tersebut,sehingga daya yang masuk ke PC tetap stabil di 220V.
Alat yang juga dikenal sebagai AVR atau Automatic Voltage Regulator ini sebenarnya cara kerjanya cukup sederhana,prinsip kerja alat ini adalah mengatur arus penguatan atau excitacy.
Apabila tegangan output dibawah tegangan nominal generator,stavolt akan berusaha menaikkan besar arus pada exciternya.Sebaliknya apabila tegangan output diatas tegangan nominal generator,stavolt akan berusaha mengurangi besar arus pada exciternya.Alal ini pun bekerja secara otomatis.
Stavolt ini bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 150.000 untuk yang kecil,dan sekitar Rp 250.000 untuk yang besar.Apabila ingin membeli stavolt,saya menyarankan untuk membeli yang bermerk Matsunaga,karena merk ini sudah terkenal akan ketahanan generatornya.

No comments:

Post a Comment